Bagikan ke:

Berolahraga atau jalan-jalan di luar rumah sambil menghirup udara segar memang bisa menghilangkan rasa penat. Namun jika Anda terpapar sinar matahari terlalu lama, resiko kulit belang tidak bisa dihindari. 

Pada akhirnya, Anda mungkin akan merasa risih saat melihat penampilan Anda sendiri. Untungnya, kulit belang bukan sebuah penyakit atau masalah kesehatan lain yang tidak bisa diatasi. Faktanya, ada 9 bahan alami yang bisa menghilangkan kulit belang. 

Mengapa kulit menjadi belang?

Pada umumnya, kulit belang adalah kondisi di mana terdapat perbedaan warna kulit yang cukup mencolok. Penyebabnya sendiri ada bermacam-macam, diantaranya:

Bintik matahari

Bintik matahari (Solar Lentiginosis) adalah proses perubahan warna di bagian kulit yang kerap terkena sinar matahari secara langsung. Proses ini biasanya memakan waktu lama sehingga cukup sulit disadari. Nah, biasanya kondisi ini terjadi di wajah, bahu, punggung tangan, punggung atas dan punggung kaki. 

Di bagian itu sering ditemukan bintik-bintik kecil dengan warna coklat atau hitam. Ukurannya bervariasi, ada yang seukuran ujung pensil dan ada juga yang sebesar koin. Nah, kondisi Solar Lentiginosis sendiri lebih sering dirasakan oleh para orang tua yang sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Melasma

Tanda-tanda melasma yang paling sering muncul dalam tubuh adalah bintik abu-abu atau kebiruan di sekitar wajah. Dalam beberapa kasus, ada juga yang berwarna coklat. Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita dewasa yang berumur antara 20 tahun hingga 50 tahun. 

Selain itu, wanita hamil juga beresiko mengalami kondisi ini karena perubahan hormon di dalam tubuh selama masa kehamilan, ditambah dengan paparan sinar matahari. 

Vitiligo

Vitiligo adalah perubahan warna kulit akibat proses produksi zat warna kulit (hipopigmentasi) dalam tubuh tidak berjalan maksimal. Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya memiliki bintik-bintik putih di permukaan kulitnya. Hingga saat ini, masih belum ditemukan obat atau cara mengatasi kulit belang akibat vitiligo ini.

Luka

Bekas luka atau cedera juga ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi belang. Terutama untuk luka yang merusak sel-sel pigmen dalam kulit, seperti lecet, luka bakar, atau infeksi. Umumnya kulit belang yang diakibatkan oleh luka dapat sembuh dengan sendirinya, hanya saja membutuhkan waktu yang relatif lama.

Sinar matahari

Ya, paparan sinar matahari adalah penyebab kulit belang yang dapat terjadi pada siapa saja. Memang benar, kulit manusia membutuhkan vitamin D yang ada pada sinar matahari untuk pembentukan tulang, namun jumlahnya harus pas. Jika tidak, kulit akan terbakar dan menyebabkan munculnya belang serta bintik hitam. 

Ketika kulit terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, produksi melanin di dalam kulit akan meningkat. Setelah itu, bagian kulit yang terpapar sinar matahari akan menjadi lebih gelap. 

Di samping itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan elastisitas kulit menurun sehingga kulit menjadi kering, menebal, dan keriput. Itulah sebabnya Anda butuh cara alami untuk menghilangkan kulit belang. 

9 bahan alami yang dapat mengatasi kulit belang

Ramuan kulit jeruk

Siapa sangka, ternyata kulit jeruk memiliki manfaat yang baik untuk menghilangkan kulit belang. Anda hanya perlu mengeringkan kulit jeruk lalu menghaluskannya hingga menjadi bubuk. 

Kemudian, tambahkan dua sendok teh madu dan gula merah lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, balurkan ramuan tersebut ke kulit dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kandungan vitamin E dari kulit jeruk akan menolong Anda untuk menghilangkan kulit belang. 

Lulur bengkoang

Bengkoang merupakan tumbuhan yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin B dan juga vitamin C. Kedua kandungan ini dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan kulit dan mengembalikan warna kulit yang tidak rata. 

Untuk caranya, pertama-tama parut bengkoang terlebih dulu lalu peras agar Anda mendapatkan airnya. Setelah terkumpul semua, diamkan air bengkoang selama satu malam hingga mengendap. Kemudian, lulurkan ke bagian kulit yang belang. 

Gel lidah buaya

Selain rambut, lidah buaya juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kulit, terutama di bagian wajah. Bahkan beberapa produsen kecantikan menggunakan gel lidah buaya sebagai bahan utamanya. 

Untuk menghilangkan kulit belang, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya ke bagian kulit yang belang kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga 20 menit. Dengan cara ini Anda dapat meratakan warna kulit, melembabkan kulit, sekaligus melindunginya dari sengatan matahari.

Air bekas cucian beras

Air bekas cucian beras juga masih bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kulit yang belang, lho. Soalnya, di dalam air tersebut ada kandungan asam ferulic serta allantoin yang efektif untuk melindungi serta memutihkan kulit. 

Oleh sebab itu, daripada langsung dibuang, lebih baik biarkan air cucian beras mengendap kemudian gunakan sebagai lulur untuk kulit Anda. 

Putih telur

Putih telur mengandung protein yang dapat merangsang regenerasi kulit. Dengan kata lain, membuang sel kulit yang lama dan menggantinya dengan yang baru. Untuk merasakan manfaat putih telur, Anda bisa menjadikannya sebagai masker. 

Caranya pisahkan dulu putih dan kuning telur. Kemudian kocok hingga berbusa lalu tambahkan jeruk nipis dan madu. Setelah itu baru oleskan pada bagian kulit yang belang dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat. 

Kunyit

Jika Anda membeli kulit untuk memasak, coba tambahkan beberapa batang untuk mengatasi kulit belang. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan memarut batang kunyit lalu tambahkan sedikit air. Setelah itu, diamkan sampai sari kunyitnya mengendap. 

Selanjutnya, campurkan sari kunyit tersebut dengan tepung beras kemudian oleskan ke bagian kulit yang belang. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum membilaskanya dengan air hangat.

Mentimun

Anda bisa mencampurkan mentimun yang sudah diblender sebelumnya dengan gel lidah buaya. Cara menggunakannya cukup dioleskan pada bagian kulit yang belang lalu diamkan sekitar 20 menit sebelum dibilas. 

Lakukan secara rutin selama satu minggu agar hasilnya lebih efektif. Kandungan vitamin A pada mentimun diketahui dapat memperbaiki warna kulit. 

Pepaya dan madu

Saat pepaya dan madu dicampurkan, Anda akan mendapatkan masker yang efektif untuk mengatasi warna kulit yang belang. Pasalnya kandungan enzim papain dalam pepaya dapat membantu mencerahkan kulit. Sementara madu akan membuat kulit Anda tetap kenyal. 

Untuk cara membuatnya, pertama-tama siapkan satu sendok makan pepaya dan madu. Hancurkan keduanya, kemudian aduk hingga bentuknya berubah menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada kulit yang terpapar sinar matahari. Diamkan sekitar 20 menit kemudian cuci sampai bersih. 

Kentang

Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan manfaat kentang sebagai pemutih kulit alami. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa membuat masker kentang dengan cara berikut ini: 

Pertama kupas kulit kentang terlebih dahulu, kemudian haluskan menggunakan blender. 

Kedua, oleskan masker ke bagian kulit yang berwarna belang.

Terakhir, diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas menggunakan air dingin. 

Baca juga : Obat Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka yang Mudah Ditemukan

Komentar