Bagikan ke:

Apakah Anda termasuk orang yang suka berpikir berlebihan? apabila iya ternyata Anda termasuk orang yang suka overthinking. Tindakan ini berbeda dengan para pemikir, karena semuanya diperuntukkan untuk kebutuhan yang dipikirkan. Jika Anda mengalami pikiran berlebih, biasanya melakukan pikiran yang sepele dan tidak begitu bermanfaat. 

Tindakan ini apabila dilakukan secara terus menerus akan berdampak buruk pada permasalahan yang ada, sehingga energi Anda akan habis. Kegiatan ini akan membuat Anda mengalami gejala overthinking dan berdampak buruk pada kesehatan. Nah, bagaimana untuk mengurangi permasalahan tersebut? Yuk kita bahas bersama-sama. 

Mengurangi Permasalahan Pikiran Berlebih 

1. Mulai Mencari Penyebabnya 

Hal penting untuk Anda lakukan pertama kali agar terbebas dari masalah overthinking adalah harus mencari akar permasalahannya. Mulai untuk berhenti sementara dan menenangkan pikiran yang ada, setelah semuanya sudah tenang langsung mencari sumber yang ada tersebut dan selesaikan agar tidak mengalami dampak yang buruk terjadi di kepala Anda itu. 

Semuanya harus Anda petakan dengan lengkap, mulai dari permasalahan terkait pekerjaan, keluarga, hubungan dan sebagainya. Apabila cukup banyak yang membuat Anda tidak tenang, penting juga untuk menuliskan semuanya dengan lengkap. Jika Anda sudah mendata berbagai persoalan yang ada itu, maka pertimbangankan beberapa dampaknya. 

Jika tidak begitu penting Anda bisa langsung menghapusnya dan membuat Anda tidak perlu untuk memikirkannya. Karena apabila Anda pikiran dan tidak merasa begitu berdampak pada aspek kehidupan mending membuangnya jauh-jauh. Permasalahan ini harus dikurangi agar kesehatan mental Anda tetap sehat dan tidak bermasalah. 

Apabila Anda lanjutkan terus menerus membuat diri Anda akan lebih malas dalam menghadapi keadaan dan berdampak pada beberapa kehidupan lainnya. Proses ini harus Anda cegah dan batasi semuanya dengan jelas. Jangan sampai Anda terus tergerus oleh pikiran-pikiran yang belum tentu itu akan terjadi dan merugikan kemudian hari nanti. 

2. Coba Melakukan Hal Berbeda

Cara terbaik untuk mengalihkan semua overthinking yang menyita waktu tersebut dengan menyibukkan diri untuk melakukan beberapa kegiatan yang berbeda. Tindakan ini termasuk solusi yang paling efektif untuk Anda coba lakukan. Dengan demikian, kebiasaan Anda tersebut dapat diatasi dan tidak terlalu memikirkannya. 

Salah satu solusi yang bisa Anda gunakan dengan bergabung pada beberapa komunitas yang berdasarkan pada hobi yang disukai. Disana Anda akan bertemu orang-orang baru dan menceritakan semua kegiatan yang baru setiap harinya. Dengan demikian perlahan membantu Anda untuk mendapatkan pengalaman yang unik dan bervariasi. 

Terkadang kegiatan ini memang membutuhkan banyak energi, tetapi demi kebutuhan untuk berkembang lebih baik dan menghindari permasalahan yang tidak menguntungkan tersebut penting untuk mencobanya. Sebenarnya tidak harus bergabung dengan komunitas, mungkin Anda bisa juga dengan mengeksplor kemampuan lain dalam diri Anda tersebut. 

Terpenting Anda tidak berdiam diri yang hanya menghabiskan waktu dengan berbaring saja, kegiatan itu selain berdampak buruk pada psikologis Anda juga berpengaruh pada kesehatan fisik yang Anda jalankan. Karena kurang bergerak dan membuat energi buruk terus bertumpuk dan mengalami permasalahan yang akan merugikan. 

Baca Juga :6 Langkah Gaya Hidup Sehat dan Awet Muda Efektif

3. Tidak Ada Salahnya Menantang Ketakutan 

Rasa takut dan khawatir dalam diri itu memang hal yang manusiawi, tetapi apabila terlalu mengganggu dan menganggap semuanya itu beresiko tentu akan berpengaruh pada pikiran. Jalan yang yang bisa Anda ambil dan lakukan untuk menantang rasa takut tersebut, jalani saja semuanya tanpa mempertimbangkan yang menghambat Anda melangkah. 

Tetapi, menantang ini dalam konotasi yang positif dan bukan berarti Anda harus melakukan apapun yang melanggar hukum atau sebagainya. Maksudnya Anda mungkin bisa mencoba hal-hal yang produktif dan ditakutkan selama ini. Apabila Anda bisa mencapai itu semua, tidak ada salahnya untuk memberikan penghargaan atau reward pada diri Anda tersebut. 

Apabila Anda berhasil mencobanya, maka akan membuat diri Anda perlahan bangkit dan tidak lagi takut akan semua permasalahan yang belum nyata tersebut. Dengan demikian membuat diri Anda jauh lebih siap dan mampu mengatasinya. Tindakan ini tentunya menghasilkan banyak hal baru yang sebelumnya tidak mungkin Anda lakukan dan bayangkan. 

Melawan diri untuk keluar dari segala persoalan yang telah menghantui dalam diri itu memang tidak mudah dan membutuhkan tenaga ekstra. Tapi, apabila semuanya untuk kebaikan bersama dan kemajuan diri tidak ada persoalan yang perlu Anda takutkan. Karena niatnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. 

4. Berpikiran Terbuka atau Positif

Hal yang paling banyak menghantui kebanyakan orang yang overthinking itu disebabkan oleh pikiran negatif yang selalu mengintai dirinya. Kegiatan ini menimbulkan permasalahan yang ada dan membuat diri Anda tidak ingin untuk mencoba sudut pandang yang berbeda, sehingga terlalu nyaman dan menyebabkan berbagai bahaya baru yang akan mengintai. 

Caranya yang bisa Anda lakukan itu dengan mencoba untuk berpikiran terbuka dan melihat aspek lainnya dengan positif. Tindakan ini perlahan akan membantu Anda dalam membuang berbagai prasangka buruk yang akan terjadi. Dengan demikian pola pikir yang buruk dan tidak menghasilkan itu akan menjauh yang membuat Anda akan jauh lebih tenang. 

Coba berdiskusi dengan beberapa orang yang berbeda pandangan, membaca buku, atau apabila masalahnya memang berat tidak ada salahnya datang ke psikolog atau psikiater. Bantuan profesional mungkin bisa meredakan segala macam permasalahan yang tidak menguntungkan untuk Anda pikirkan lagi tersebut. 

Semuanya memang harus diri Anda yang melawan semua permasalahan yang ada tersebut, jangan sampai Anda berada dalam kegelapan. Perlu mencari jalan dan menemukan cahaya terang untuk bisa menghadapi semuanya. Tetapi, mendapatkannya tidak hanya berdiam diri Anda harus bergerak dan melangkah, tegaskan pada diri Anda untuk bisa menghadapinya. 

Baca Juga : Quarter Life Crisis Adalah, Pengertian, Tanda dan Dampaknya

5. Lakukan Tindakan Bermanfaat Secara Konsisten 

Gejala ini memang akan muncul kembali dan memang harus dikendalikan sendiri, karena semua kontrol yang ada sepenuhnya ada pada diri Anda tersebut. Apabila kejadian tersebut kembali mengintai untuk kembali lagi melakukan berbagai tindakan yang konsisten dan jangan sampai salah dalam melakukan tindakannya. 

Lakukan beberapa cara yang telah disebutkan diatas dan buat semuanya telah menjadi kebiasaan yang mengasyikkan. Dengan begitu, otak Anda akan terus merespon energi yang baik dan menahan datangnya pikiran buruk yang tidak menghasilkan tersebut. Tetap lakukan itu agar diri Anda bisa lebih siap dan tidak lagi terpuruk dalam pikiran yang merugikan. 

Tidak lupa juga untuk selalu bersyukur atas segala permasalahan yang ada, rasa syukur yang ada tersebut membuat diri Anda akan selalu berpikiran baik dan positif terhadap permasalahan yang ada. Kata lainnya semua persoalan akan selalu ada jalan penyelesaiannya, jika Anda percaya akan tindakan tersebut tidak perlu khawatir lagi. 

Tindakan ini perlahan membantu Anda untuk jauh dari rasa khawatir, panik, dan berpikiran berlebih, sehingga semuanya masuk dalam kontrol alam bawah sadar Anda dan mampu untuk menanganinya. 

Itulah beberapa cara untuk mencegah terjadinya overthinking, sehingga perlu tenaga, usaha, dan doa untuk menyelesaikannya, semangat ya semoga Anda cepat sembuh. 

Komentar