Bagikan ke:

Mempunyai kulit yang sehat serta terawat sudah menjadi impian banyak wanita sejak dulu. Untuk mewujudkannya, Anda dapat menggunakan skincare dan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda juga perlu mengetahui tips memilih klinik kecantikan. 

Klinik kecantikan sendiri merupakan klinik kesehatan yang menangani urusan perawatan kulit serta wajah. Sekarang, ada banyak pilihan perawatan di klinik kecantikan yang bisa Anda lakukan. Diantaranya chemical peeling, laser, filler, botox, sampai mikrodermabrasi. 

Saat mencari klinik kecantikan, sebaiknya Anda mencari klinik yang mempunyai dokter kosmetik berpengalaman, memiliki reputasi, dan dapat diandalkan. Sehingga Anda akan menerima perawatan yang tepat saat datang ke klinik tersebut. 

Namun sebelum datang ke klinik kecantikan, masih ada hal lain yang perlu Anda perhatikan. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan mungkin terjadi saat proses perawatan wajah. Berikut ini tips memilih klinik kecantikan yang tepat. 

Periksa rekam jejak klinik

Tips pertama adalah dengan mengecek rekam jejak klinik yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda periksa seperti pelayanan serta prosedur medis tersebut melalui situs BPOM dan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Selain itu, periksa juga apakah klinik tersebut memiliki izin resmi. Bila klinik tersebut tidak memiliki sertifikat, segera cari klinik lainnya. 

Selanjutnya, cek juga apakah klinik tersebut sudah mempunyai cabang di daerah lain. Sebab jumlah cabang juga membuktikan bahwa klinik tersebut berkualitas dan dipercaya oleh banyak orang. 

Ketahui perawatan yang ingin dilakukan

Selanjutnya Anda perlu mengetahui perawatan yang ingin dilakukan, sebab tidak semua klinik memiliki prosedur perawatan yang lengkap. Sehingga Anda perlu mengedukasi diri sendiri agar tidak salah pilih. 

Contohnya, jika Anda ingin menghilangkan bekas jerawat maka cari tahu prosedur perawatan wajah menggunakan laser di klink kecantikan melalui internet. Apabila Anda ingin mengubah bentuk wajah, cari tahu juga apa saja prosedur yang harus Anda lewati. 

Periksa kondisi klinik

Tips ketiga yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kondisi klinik kecantikan secara detail. Umumnya, klinik yang berkualitas mengutamakan pelayanan yang baik bagi pasien-pasiennya. 

Anda bisa menanyakan beberapa hal terkait pelayanan melalui nomor telepon atau whatsapp resmi klinik tersebut. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda juga bisa bertanya secara langsung ke resepsionis di klinik tersebut. 

Saat bertanya, perhatikan bagaimana respon dan sikap resepsionis atau terapisnya. Seperti bagaimana cara mereka menjawab pertanyaan Anda dan pasien-pasien lainya. Jika dirasa bagus, Anda bisa mencoba melakukan cek atau konsultasi dengan dokter kulit yang ada di klinik tersebut. 

Di saat konsultasi ini, coba perhatikan ruang pemeriksaan. Klinik kecantikan yang berkualitas biasanya memiliki ruangan yang bersih dan peralatan yang memadai. Selain itu, kebersihan alat-alat pun dijaga dengan baik.

Melakukan perawatan wajah sesuai prosedur

Ketika mencoba perawatan kecantikan di klinik yang Anda kunjungi, sebaiknya lihat apakah prosesnya sudah sesuai prosedur atau tidak. Karena itu, Anda sendiri perlu mengetahui prosedur untuk setiap perawatan. 

Misalnya, untuk perawatan microneedling biasanya akan diawali dengan penyuntikan bius lokal di wajah Anda oleh dokter. Kemudian, dokter mulai menusukkan jarum-jarum halus ke kulit wajah Anda. 

Pilih dokter terapis yang kredibel

Tips memilih klinik kecantikan berikutnya adalah dengan memilih dokter terapis yang kredibel. Perlu Anda ketahui, terapis umumnya bertanggung jawab untuk memperbaiki penampilan kulit secara umum. 

Mereka juga biasanya hanya mengerjakan tugas yang sesuai dengan arahan dari dokter kulit. Misalnya melakukan perawatan wajah. Terapis mungkin saja mendeteksi masalah yang ada pada kulit wajah Anda. 

Namun mereka akan menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter kulit agar mendapatkan penanganan serta diagnosis yang tepat secara medis. Klinik kecantikan yang terpercaya juga sering menampilkan profil dokternya. 

Hal ini bertujuan agar calon pasien bisa mencari tahu rekam jejak dokter tersebut dengan lebih mudah. 

Jangan tergiur harga murah

Tak bisa dipungkiri, perawatan kecantikan sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Utamanya para wanita. Sayangnya, ada banyak oknum yang mengejar keuntungan besar dari kesempatan ini tanpa memperhatikan kesehatan dan keselamatan pasien. 

Biasanya, para oknum memasang harga sangat murah untuk menarik banyak pasien. Karena itu, sebelum mendatangi klinik kecantikan, sebaiknya Anda membandingkan harga perawatan kecantikan dari banyak klinik. 

Setelah mendapatkan harga standar untuk perawatan kecantikan, Anda bisa mempertimbangkan tawaran diskon yang diberikan oleh klinik. Yang terpenting, jangan memilih klinik kecantikan yang menawarkan harga jauh lebih murah dari harga standar.

Klinik dan dokter mengetahui apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat

Ketika melakukan perawatan, risiko terjadi kesalahan tidak bisa dihilangkan begitu saja. Misalnya seperti penyumbatan arteri atau nekrosis kulit. Sebaiknya pilih klinik dan dokter yang mengetahui cara bertindak dalam keadaan darurat. 

Jika dokternya tidak dapat bertindak cepat, besar kemungkinan masalah tersebut menjadi kerusakan permanen. Anda bisa menanyakan risiko perawatan serta tindakan apa yang biasa dilakukan dalam keadaan darurat kepada dokter yang bertugas. 

Meminta Rekomendasi dari berbagai pihak

Selanjutnya, luangkan waktu Anda untuk mengecek rekomendasi klinik kecantikan dari berbagai pihak. Yang pertama, Anda bisa meminta rekomendasi dari teman atau sahabat. Kedua, cek mesin pencari untuk melihat rating serta ulasan dari pasien lainnya. 

Cara terakhir, Anda bisa mencari informasi di forum-forum yang membahas tentang kecantikan. Banyak sekali forum seperti ini di internet dan bisa ditemukan dengan mudah. Biasanya di forum tersebut, ada pasien yang menceritakan pengalamannya berobat di klinik tertentu. 

Perhatikan produk kecantikan yang diberikan

Biaya perawatan di klinik kecantikan memang relatif mahal, namun ini sepadan dengan perawatan yang diberikan serta produk yang digunakan selama perawatan tersebut. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan produk kecantikan yang digunakan tersebut. 

Pastikan produknya memiliki izin edar dari Departemen Kesehatan. Sebab, sekarang banyak sekali produk berbahaya tanpa izin yang ada di pasaran. Anda bisa menanyakan apa saja produk yang akan mereka gunakan serta manfaatnya.

Pertanyaan seperti ini sangat penting agar Anda tidak menggunakan obat berkualitas buruk dengan kandungan yang tidak aman.

Survei langsung ke Klinik

Langkah terakhir dalam tips memilih klinik kecantikan adalah dengan mendatangi langsung kliniknya. Beberapa klinik kecantikan ada yang menawarkan konsultasi secara langsung tanpa perawatan. 

Dengan berkonsultasi secara langsung, Anda jadi bisa mengetahui jenis pengobatan serta perawatan yang dilakukan dengan lebih mudah. Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa menilai sendiri bagaimana kebersihan, alat-alat yang digunakan, serta kualitas pelayanannya.

Tips memilih klinik kecantikan di atas harus Anda lakukan dengan hati-hati, dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil terbaik dan terhindar dari risiko yang tidak diinginkan. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Ampuh Bikin Mulus Lagi

Komentar